Sunday, July 10, 2011

Beda Airbrush Bermerk dan Standard (wajib baca)

   Perbedaan Airbrush bermerk dan standard lebih pada spesifik bahan metal dan garansi spare part juga spesifikasi penggunaanya, disini saya akan mencoba menjelaskanya secara bijaksana dan bukan secara rinci mengenai teknik ataupun proporsi alat itu sendiri.

Airbrush standard seperti buatan cina-taiwan yang banyak kita jumpai mulai merk multipro.Hnl,meiji,krisbow,Anzen dan masih banyak merk lagi  dan bahkan ada yg tanpa merk alias belum di kasih merk sama importir di indonesia karena memang mereka belinya masih polos tanpa merk saat beli dari cina.airbrush buatan cina bukan airbrush yang jelek ya,, saya sedikit berbagi pengalaman saja tentang alat ini.

kalau kalian membeli alat ini belum tentu semuanya menyediakan spare part bila terjadi kerusakan dan kalian pun akan tidak tahu kemana mau mencarinya ke toko asal saat membeli akan ruwet juga pasti mentok suruh ninggal nanti di ganti baru dan nunggu waktu lama begitu biasanya. Bahkan banyak yang akan angkat tangan alias tidak tahu dan sebenarnya pabrikan cina juga mengeluarkan spare partnya untuk airbrush produk mereka cuman importir kita tidak mau pusing kalau part itu di butuhkan jadi belinya ya utuh set tanpa part lain wajar sih karena mang untuk sediain part jelas butuh sentral shop buat alat itu sendiri dan jelas akan ribet karena pembeli airbrush tidak sebanyak pembeli ponsel merk cina.
untuk keawetan dan nyaman atau stabilnya alat saat di pakai lebih mirip gambling alias berjudi saat dapat yang bagus bisa ngalahin yang mahal kok kalau dapat yang error nikmati saja untuk beli lagi juga gak terlalu mahal.dibanding beli spare part airbrush bermerk.
spesifikaisi alat gak akan dapet detilnya karena pasti akan tertulis size nozle 0,2-0,3 hehe kalau yang mastiin ukuran nozle pun kalau di cocokin ama ukuran nozle yang bener akan berbeda.

Beda dengan alat bermerk yang di tunjang dengan tersedianya spare part, akuratnya produk hingga ke fungsi kerja dan media kebutuhan kerja, suport dari pabrikan untuk konsumenya dan yang harus di ketahui untuk pembelian spare part tidaklah ada di indonesia adapun untuk beberapa seri dari badger saja yang ada di indonesia untuk seri iwata kita harus beli keluar negeri dengan biaya ongkos kirim plus pajak dan tentunya akan di butuhkan dana lebih.


    Kalau menurut pengalaman saya airbrush cina bukanlah jelek tapi memang kualitas di bawah yang mereka tiru seperti badger,iwata,grex,evolution,pasche dan yang lain tentunya.
Di awal saya memulai airbrush saya memakai airbrush tanpa merk polos kanan kiri beli di teman itupun barang second seharga 200rb dengan nozle dan jarum  besar dan luar biasanya alat itu bisa bikin garis sebesar rambut dan dengan alat satu-satunya itu saya bekerja mencari uang dan bisa beberapa kali  memenangkan lomba airbrush di event otomotif  dan saat inipun saya memakai alat airbrush buatan cina juga untuk kerja saya.
dan kesimpulanya adalah:
- Kenali dulu alatmu pelajari sifat alat itu hingga bisa menghasilkan kerja yang maksimal kalau kita sudah mengenal alat kita dan sifat kerjanya dengan benar maka bukanlah hal sulit untuk hasilkan kerja yang baik.
-Bekerja secara hati-hati dan merawatnya dengan benar akan menjaga alat selalu bekerja dengan baik
-Gambar yang bagus tidak sepenuhnya di tunjang oleh alat yang bagus karena ketekunan kecermatan dan di ikuti ide yang cemerlanglah yang menghasilkan gambar yang bagus.
- Di luar sana banyak sekali karya luar biasa yang di hasilkan oleh ketekunan luar biasa dan ide yang cemerlang bukan semata-mata alat yang bagus.

-HAL LUARBIASA BIASANYA MUNCUL DARI KONDISI YANG BIASA SAJA KARENA FAKTOR KEADAAN YANG SERBA TERBATAS MEMICU MANUSIA UNTUK BERTINDAK LUARBIASA

-BANGGALAH JADI ORANG INDONESIA YANG SERBA TERBATAS TAPI PADA KENYATAANYA KEBANYAKAN ORANG-ORANG INDONESIA ADALAH ORANG KREATIF YANG LUAR BIASA

-BERSUKURLAH DENGAN APA YANG DI MILIKI KARENA DENGAN BERSUKUR AKAN MELIHAT SEMUANYA DENGAN LEBIH BIJAKSANA

-HASIL YANG MAKSIMAL TIDAK DI HASILKAN DALAM WAKTU YANG SINGKAT
HASL MAKSIMAL DENGAN KERJA YANG CEPAT DI HASILKAN KARENA KETEKUNAN DAN PEMBELAJARAN DALAM WAKTU YANG LAMA.
 

Demikian semoga jadi pencerahan buat teman-teman sekalian.

28 comments :

von's said...

permisi gan,numpang nanya,sy sering dapet keluhan,kalo kelemahan air brush adalah kerusakan di jarumnya....sy menggunakan penbrush ya....utk beli jarumnya aja nggak ada ya gan? trus bagaimana cara perawatan agar nggak sering rusak jarumnya? thanks a lot sebelumnya.....
best regards
ivon

dalphine said...

artikel yang bagus kang, sangat bijak sekali...

sasbrush said...

~Vons..
yups gak ada yg jual jarumnya Vons.. cara perawatan hati2 waktu kerja,sering di minyaki jarumnya pakai minyak kayu putih atau thiner buat pernish/PU kalau gak di pakai..selalu cabut dan bersihkan jarum habis buat kerja.. itu aj Vons

~ Dalphine
oyi sip Vin suwon..

STUDIO 13 Stationary Production said...

Salut sas, untuk pencerahanya, klau boleh nambah dikit, di Indonesia kita hidup sangat enak, klau ada serpihan2 yg bikin gak enak....inilah tanah airku Indonesia!!!

sasbrush said...

semoga kita tidak termasuk dari serpihan itu..

Lebakbarang Poenya said...

panggilnya apa ya...??? om, pak, mas...??? he.. he... gni bro, gw minat bgt pngen blajar airbrush... sebagai pemula apakah cukup menggunakan comppressor Multipro MCV-102, penbrush meiji BD-130..??
thanks bro ilmunya... sngt bermanfaat bgt...

sasbrush said...

~Lebak barang
udah lebih dari cukup kalau buat pemula.. slamat memulai my bro..
semoga lancar...

DhazZalL said...

alamat bandungnya dimana mau datang langsung biar lebih jelas tolong ya???

sasbrush said...

~dazzhal
ak buka di bandung tapi Tangerang bro..alamat bisa diliat halaman kontak saya..cheers..:)

DhazZalL said...

soory gak detil liatnya..pengen liat langsung dan belajar saya kira di bandung maaf ya??sukses selalu..

bagus said...

mas leh minta alamat FBnya apa Imailnya mas Sasbrush

sasbrush said...

~bagus
FB sasbrush sas

Zoct Airbrush said...

wah gan bagus sekali artikelnya..saya jadi banyak belajar dari agan..

sasbrush said...

~Zocht
terimakasih kawan..

Scorpio Minoritas said...

keren bgt mas kata2nya ijin copas ya..hehe

sasbrush said...

~scorpio:
silahkan terimakasih

cacingbolot said...

Bro Sas makasih banyak..gak cuma sharing ilmu tp jg sharing pandangan hidup..baca blog ini rasanya tbh semangat..he he..sukses selalu ya bro!! =) Btw msh nubie airbrush nih bro..still lots lots lots to learn..belajar dikit2 dr site bro Sas..really appreciate ur work, makasih banyak yaa..!! ^ ^)*v

sasbrush said...

~cacing
sama-sama mas bro..:D senang bisa berbagi..

Sisuariu Ariu said...

salam kenal pak bos...?

Akang said...

You is the best for information,
thanks you verymuch

ray.artikulasi said...

ni blog yg lama ane cari isinya lengkap...bermanfaat,mudah2an ilmu yg ente tularin ngalir ke liang lahat ente....yup gan ane sekarang coba gantungin pendaringan di dunia air brush,...tapi blm ketemu yg pas ane main di otomotif pa di tekstil...senjata ane murah meriah kompresor pake kulkas penampung anginye ane pake 2 tabung freon dlas jadiin satu,pen ye ane pake HNL.kira bisa maksimal gk tu bro...

seri yansah said...

wah, like this dech..!
bgus bgt artikel ny, sgt brmnfaat & memotivasi..
smoga lncar & + skses krya2 ny mas..

pengendali api said...

salut mas bro zaman sekarang masih ada yang mau berbagi ilmu gratis hheheheeh makasih buuuuaaaanyak yah

akbar sensei said...

bg sas kompresor airbrus merek multipro dgn meiji yg bagus menurut bg sas mana

Didi Mareta said...

mas...? saya rencana mau pesan penbrush merk bedgar tp yg tempat catnya di bawah mas... atau pakai botol,,, soal nya biar gampang ganti warna cat... mohon info nya apakah ada???

Sasbrush sas said...

~Didi mareta
langsung ke toko website saya 1airbrush.com mas broo...

Berman Remek said...

Boss mau nanya, saat ini saya sering bikin-bikin kerajinan kayu MDF kecil-kecil, mulai beberapa cm sampai sekitar 50cm. Selama ini saya menggunakan cap semprot Pilox untuk mengecatnya, namun semprotannya saya anggap terlalu besar. Saat mau mengecat bagian-bagian yang sulit (pojok-pojok dan lobang-lobang kecil), sering harus saya semprot berulang-ulang, sehingga sering terlalu banjir. Selain sering tidak rata (gara-gara banyak area yang sulit tadi), juga saya rasa sangat boros, banyak yang terbuang.

Kira-kira, kalau saya menggunakan Air Brush ini, bisa tidak ya ? Mengingat saya hanya butuh ngecat penuh, bukan melukis. lebar atau panjang area yang harus saya cat sekitar mulai 1 cm sampai dengan 50 cm. Terutama kalau saya harus mengecat area misalkan ukuran 50 x 10 cm, memungkinkan tidak menggunakan Air Brush ini ? Kalau saya mau beli produk cina, masih memungkinkan tidak ? Atau sekalian pakai sprayer ? Bisa diatur tidak ukuran semprotan dari sprayer ?

Sorry banyak nanya, karena saya butuh informasi ini ... Trim's berat

Sasbrush sas said...

halo mas Berman remek..:D
pakai airbrush sangat bisa mas untuk bagian terkecil akan tetapi klau untuk pengecatan skala kecil saya sarankan sampeyan pakai airbrush 0,3mm dan spraygun ukuran kecil dengan nozle 0.6 mm pakai kompresor minimal 1/3 HP satu pk juga tidak papa.. untuk pengecatan akan lebih irit,,block warna pakai spraygun untuk detail pojok atau tempat tersulit pakai airbrush walau sebenarnya pakai spraygun tanggung juga bisa.
dana diperlukan 1,5 jt sampai 2 jt


Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified