Tuesday, October 18, 2016

5 Kesalahan Pada Usaha Jasa Airbrush

Hobi menggambar atau pengecatan mengunakan menggunakan alat airbrush adalah hobi yang bisa menghasilkan pendapatan buat para pelakunya sebagai sandaran hidup termasuk saya salah satunya, Tapi dalam menekuni bidang ini dan banyak bertemu dan bergaul dengan sesama pekerja seni ini ada beberapa kesalahan yang mungkin bila tidak di lakukan akan membuat pekerjaan ini semakin menyenangkan dan Berikut adalah 5 hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat menjalani usaha jasa airbrush.



1. Tidak Punya Karya
banyak dari teman teman yang tidak meluangkan waktunya untuk membuat suatu karya pribadi ataupun sebagai contoh pekerjaan anda yang menganggap pekerjaan atau order yang diterima adalah karya anda iya memang benar seperti itu tapi taukah anda seorang pekerja seni itu seperti ilmuwan selalu mencoba hal baru, ide baru, meneliti lalu mewujudkanya sedemikian rupa untuk menghasilkan suatu karya yang baru. Dan impactnya klau hal ini dilakukan amatlah banyak yaitu Skill anda bertambah, Menemukan ide baru dan cara baru sobat punya product atau visual baru kepada pelanggan atau calon pelanggan.
Melatih imaginasi sobat bila ada konsep baru jadi terlatih untuk berargument kepada pelanggan anda disamping itu anda akan cepat paham apa yang di inginkan customer karena anda sudah banyak mecoba banyak hal mulai dari teknik dan bentuk design yang berbeda beda.

 2. Membatasi  Jenis Pekerjaan
banyak penyedia jasa airbrush yang membatasi jenis gambar atau gaya gambar dengan satu konsep seperti hanya grafis saja atau realist saja saya paham bila ada yang membatasi gaya dalam menerima jasa airbrush tapi apakah tidak sebaiknya menerima semua tema gambar? Karena semakin banyak order yang masuk maka semakin banyak pula income yang di peroleh.
- Bila anda tidak bisa menggambar realist belajarlah mulai manggambar realist seperti point satu yang saya tulis diatas mulai membuat karya hingga anda terlatih dan makin berani membuat gambar karena saat anda menggambar tidak dituntut oleh pelanggan membuat sobat lebih bebas berexplorasi.
- Bila anda bisa realist tapi tidak membuat gambar grafis berati sobat harus mulai belajar lebih sabar, telaten dan tidak malas dalam membuat garis rapi mulai belajar lebih mengenal alat bantu seperti masking tape,cutting dll karena grafis buat yang biasa membuat gambar realist sebenarnya lebih mudah karena basicnya sudah ada.
- sobat bisa membatasi suatau pekerjaan bila pekerjaan itu membutuhkan waktu yang lama, rumit tapi tidak menghasilkan income yang sesuai.

 3. Tidak Mengatur Keuangan
Patut diakui sebagai seniman atau pekerja seni mengatur keuangan adalah hal yang sangat berat hampir di bilang tidak terpikirkan tapi mulailah menghitung biaya yang ada seperti  menghitung modal yang sudah dikeluarkan, pendapatan dan investasi alat yang sudah ada karena dengan penghitungan yang benar sobat tidak akan kesulitan menentukan harga  pada pelanggan, menentukan apa saja yang akan menjadi prioritas belanja untuk memenuhi kebutuhan usaha airbrush. Minta bantuan orang terpercaya , sahabat, pacar ataupun istri bila sobat pusing melihat urutan angka.

 4. Tidak Mengatur Waktu Kerja
Disiplin adalah di mulai dari diri sendiri bukan kemauan pelanggan bila hal ini sudah dilakukan maka sobat tidak akan sampai bekerja selalu di kejar kejar deathline pelanggan. Bahkan sampai ditungguin pelanggan agar selesai sambil membawa teman dengan badan segede gardu listrik buat backing kalau tidak selesai karena uang sudah masuk dan deathline terlewati. Banyak saya liat banyak teman buka airbrush banyak motor yang sudah berbulan bulan tidak selesai tapi order selalu masuk ahirnya menumpuk dan susah sendiri mana yang harus di dahulukan.
Beri batas waktu pada diri sobat satu pekerjaan harus selesai berapa lama perhitungkan dengan matang step kerja yang harus di lakukan dan harus selesai berapa lama pada tiap stepnya sehingga lebih tertata dan produktif.
Buat Tim yang solid bila di perlukan agar bisa membagi step kerja sesuai skill masing masing.
Bengkel atau workshop adalah tempat nongkrong yang enak tapi beri batasan pada tamu sobat dimana anda harus bekerja.

 5. Anti Hal baru
mengenal dan mempelajari hal baru bukanlah hal yang merugikan mulai dari teknik desain di computer yang memudahkan bekerja ataupun alat  bantu baru yang sobat malas untuk mengetahui karena harga yang mahal sebenarnya harga mahal akan terlihat ringan dan akan anda beli bila sobat telah  melakukan point ke 3 yang saya tulis di awal percaya saja sobat akan tercengang dengan nominal yang sebenarnya sobat dapat dan bisa mengaturnya dengan baik maka hal baru menjadi tidak tabu untuk di pelajari dan di lakukan.
 Semoga 5 hal diatas bisa menjadi pengingat bahwa bekerja pada bidang seni tidak berbeda dengan usaha lainya semua butuh penataan yang terencana agar usaha bisa semakin maju dan solid.
Terimakasih sudah membaca dan SELAMAT BERBUAT….

4 comments :

Muhammad Falaq said...

Artikel panutan nih... Makasih Mas Sas...

Sasbrush sas said...

@ Muhamad Falaq.. sama sama bro..:)

Nursapto Aji said...

Ilmunya udah dalem ya hehe

Makasih mas

Andik Dermawan said...

Mksh

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified