Sunday, October 16, 2016

Cara Airbrush yang Sah atau Tidak Sah

Apa kabar Airbrusher? dari judul posting sekarang mungkin agak seram yaitu Cara Airbrush yang sah dan tidak sah Sebelumnya saya ceritakan dahulu kenapa saya menulis hal ini yaitu di karenakan selama menekuni airbrush dan bertemu dan berkumpul bersama teman seminat banyak sekali pertanyaan keluhan dan bahkan statement tidak jelas bahkan ketakutan dari beberapa teman tentang bagaimana cara berkarya yang benar.
Ada yang bilang kalau airbrush di mixed dengan kuas spidol atau bahkan dengan water transfer itu tidak sah. Bahkan ada yang sewot wah itu orang pakai printing transfer sangat curang hehehe mematikan orang kerja airbrush saja.


Ok baik jadi begini saya pilah pilah dulu ya cara atau tehnik airbrush menurut kebutuhan atau kerjanya.
Cara airbrush atau tehnik airbrush itu ada beberapa keperluan atau tujuan seorang seniman untuk membuat karya
  1. Airbrush untuk berkarya secara pribadi atau bahasa kerenya karya Idealis
  2. Airbrush untuk bekerja atau dalam bidang jasa
  3. Airbrush untuk tournament atau biasa disebut untuk contest baik contest modifikasi  atau contest karya airbrush 
Airbrush untuk berkarya secara pribadi atau bahasa kerenya karya Idealis
Adalah berkarya sesuai keinginan atau semaunya sang seniman yang penting hasil ahir dalam pembuatan karya tersebut maksimal menurut pembuatnya jadi semua teknik, cara, style gambar bisa di tuangkan dalam berkarya mau di mixed pakai pencil, spidol, kuas water transfer printing dll its okay yang penting ANDA PUAS.

Airbrush untuk bekerja atau dalam bidang jasa
Adalah berkarya sesuai kemauan customer mulai style gambar pilihan warna bahkan kadang sampai ke cara menggambar di sesuaikan dengan keinginan customer menyangkut kebutuhan media atau kebutuhan pemesan dalam hal ini cara apapun halal dan sah karena yang penting CUSTOMER PUAS.

Airbrush untuk tournament atau biasa disebut untuk contest baik contest modifikasi  atau contest karya airbrush
Adalah berkarya sesuai aturan yang ada yang di buat oleh pihak pembuat contest, aturan tersebut bisa berupa gaya atau style gambar, teknik gambar harus murni airbrush atau mixed penilaian mulai dari kerapihan, pemilihan warna, kehalusan, tema sampai pada finishing karya tersebut pada sebuah media seperti pada contest modifikasi yang penting JURI PUAS

Dari tiga point diatas teman teman semoga paham mana teknik airbrush sesuai kebutuhanya nah yang menjadi polemik adalah banyak yang lupa bahwa ketika berkarya selalu mengacu pada aturan contest mereka lupa bahwa mereka pada saat itu sedang berkarya untuk diri sendiri atau sedang berkarya untuk jasa airbrush atau customer sehingga mereka terbelenggu dengan aturan tersebut jadi takut tidak diakui dianggap tidak sah. Hasilnya karya mereka jadi terkesan monoton terlihat takut dan itu itu saja. Mengkritik teman atau karya airbrusher lain bahkan bergosip ria yang sebenarnya berkubang pada hal yang mereka sendiri sedang terjerembab pada hal yang tidak jelas.
Yang ahirnya dalam berkarya terbatasi oleh aturan aturan mitos kabur yang tidak tahu asal usulnya dan memang tidak ada karena tidak ada undang undangnya klau ada airbrusher yang pakai teknik yang tidak sah akan di hukum pancung atau di bui 3 tahun atau di suruh telanjang di arak keliling kampong di denda semen 3 karung.

Ada lagi kasus pemenang airbrush di protes karena di bilang tidak sah karena pakai transfer printing spidol kuas bla bla bla, nah ini yang harus di cermati saat akan mengikuti kontes pelajari dahulu aturan gaya dan tema yang akan di pertarungkan tanyakan pada pihak penyelenggara bila tidak ada ingatkan karena banyak penyelenggara lupa atau juga tidak paham kalau aturan tertulis akan membuat contest tersebut lebih berbobot terarah tidak asal tunjuk mana yang bisa terpilih menjadi juara dan harus sobat ketahui pihak juri pun tidak semuanya dari pelaku airbrush ada dari pihak wartawan, pelaku expert atau yang sudah berpengalaman lama, penikmat seni, akademisi dll yang bisa membuat keputusan menjadi lebih objective.

Kesimpulan dari tulisan saya diatas adalah:
Berkaryalah sebebas mungkin pakai semua cara atau temukan cara baru bila itu membuat sobat Puas dan membuat karya anda maksimal. Tidak ada aturan dalam berkreasi aturan di buat untuk tujuan tertentu seperti kontes atau hal lainya aturan di bentuk bukan untk membatasi sobat berkarya dalam HIDUP karena tidak ada kaitanya untuk itu.
Mengikuti tournament perlu untuk mengasah skill, belajar dan membandingkan hasil ahir dalam berkarya tapi jangan menjadi perseteruan atau tujuan sobat berkarya bahkan membatasi cara sobat berkreasi.
SELAMAT BERBUAT....

















No comments :

Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified